23 Agustus 2010

Sekilas tentang RECTOVERSO



Buku ini terdiri atas 11 cerita dan 11 lagu dengan judul yang sama persis, dengan urutan yang juga kembar. Saya cuma berani bilang konon, karena baru sempat membaca ceritanya saja. Mungkin paket jualan efektif, mungkin juga punya efek saling melengkapi satu dengan lainnya, saya tidak punya referensi cukup untuk itu.

Kalau kata pepatah jangan menilai buku dari sampulnya, sekarang saya malah mengajak Anda mengingkari pepatah itu sama-sama. Tampilan bukunya menjanjikan. Dikemas mewah, hard cover, dengan pembatas buku yang menyatu ala buku skripsi. Nyaman untuk dibaca walau berkonsekuensi logis harganya jadi di atas rata-rata. Bertabur foto dan gambar freehand, tiap cerita dibatasi dengan kertas hijau berisi lirik lagu yang sekaligus menjadi judul ceritanya. Cover-nya siluet pria-wanita, ada jarak di antara mereka. Penanda waspada untuk pembaca supaya tidak berharap banyak untuk dapat rangkaian cerita cinta manis rasa gula-gula. Hehehehe

– Curhat Buat Sahabat
– Malaikat Juga Tahu
– Selamat Ulang Tahun
– Aku Ada
– Hanya Isyarat
– Peluk
– Grew A Day Older
– Cicak Di Dinding
– Firasat
– Tidur
– Back To Heaven’s Ligh



CURHAT BUAT SAHABAT

Kadang orang terlalu muluk jauh berfikir, apa sih yang bisa bikin pasangan kita bahagia? Tak selalu harus berbentuk materi. Di cerita ini membuktikan, kadang ternyata keinginan pasangan agar dia bahagia itu tidaklah serumit yang dibayangkan. Hanya sebentuk rasa “PERHATIAN” saja sudah cukup. Dan terkadang, justru orang yang ternyata diharapkan bikin bahagia itu bukan orang yang selama ini diharapkan menjadi pasangan kita.

Kisah ini tentang curahan hati seseorang perempuan kepada sahabat lelakinya. 5 tahun si cewek ini tergila-gila dengan seseorang, dan baru menyadari kalau ternyata orang yang dia gilai itu adalah orang yang salah. Si cewek baru menyadari pas dia sakit, sendiri, dan tak sanggup bangun meski hanya untuk mengambil segelas air putih yang dia butuhkan untuk melepaskan dahaganya. Tidak muluk-muluk,yYang dia butuhkan saat itu cuma orang yang bisa menyayanginya, dan segelas air putih…



MALAIKAT JUGA TAHU

Tahukah kamu, bahwa “Terkadang ‘malaikat’ itu tak bersayap, tak cemerlang, tak rupawan” Itu tema yang ingin disampaikan Dee di cerita ini. Disebuah tempat kost-kostan, ibu kost-nya (dipanggil bunda) mempunya 2 orang anak si Abang dan si Adik. Si Abang memiliki keterbelakanga mental, tapi cukup cerdas. Dia yang selama ini membantu ibunya mengurusi kost-kostan. Mencuci, beres-beres, dll. Sementara si Adik, merantau. Si Abang bersahabat dengan seorang perempuan penghuni kost, dan jatuh cinta. Tapi ternyata perempuan ini jatuh hati dengan Adiknya. Bunda telah berbicara dari hati kehati dengan perempuan ini, siapa diantara keduanya yang patut untuk dipilih?

“Terkadang malaikat itu tak bersayap, tak cemerlang, tak rupawan.

Namun kasih ini silahkan kau adu

Malaikat juga tahu

Siapa yang jadi juaranya…”



SELAMAT ULANG TAHUN

Bagaimana rasanya, jika seseorang yang selama ini kita anggap paling special. Justru ternyata melupakan hari ulang tahun kita? Memang cukup simple, hanya rangkaian kata-kata “Selamat Ulang Tahun”. Tapi dampak dari 3 kata itu cukup dahsyat, terutama bagi perempuan yang mengharapnya…

“Satu waktu nanti, saat kamu berhenti percaya manusia bisa punya sayap selain lempeng besi yang didorong mesin jet, saat kamu berhenti percaya hidup lebih bermakna bila ada wasit yang menyalakan aba-aba “1,2,3”, kamu boleh percaya bahwa kemarin…besok…lusa…dan hari-hari sesudah itu..aku masih menunggu. Menunggu kamu mengucapkan apa yang harusnya kamu ucapkan… berjam-jam yang lalu”



AKU ADA

Kisah ini tentang seseorang yang setia menantikan kekasihnya yang telah pergi, meski dia telah memiliki penggantinya. Ritual penantian ini selalu dilakukan setiap hari di tepi pantai menjelang sunset. Tanpa disadari, seseorang yang dinantinya itu selalu mengawasinya. Meski dari kejauhan, dari dunia yang berbeda…Very romantic story, tentang arti sebuah kesetiaan. Suka banget sama ilustrasinya, tentang ombak di pantai.



HANYA ISYARAT

Cerita ini bertutur tentang pengagum rahasia. Sesorang yang hanya mampu mengagumi seseorang tanpa orang itu tahu, meski jaraknya hanya tinggal beberapa centi di depannya.

“(Rasakanlah) isyarat yang mampu kau tangkap. Tanpa perlu kuucap

(Rasakanlah) Air,Udara,bulan, bintang, Angin, Malam, Ruang, Waktu, puisi.

Itulah saja cara yang bisa

Untuk menghayatimu

Untuk mencintaimu…”


PELUK

Ketika 6 tahun kebersamaan, tidak mampu membuat pasangan bisa bertahan. Ketika sebuah PELUK, menjadi salam perpisahan terakhir...



GROW DAY OLDER

Salah satu dari dua cerita berbahas Inggris di kumpulan cerpen ini. Berkisah tentang perselingkuhan. Dimana si perempuan berniat ingin meninggalkan semuanya, tepat disaat ulang tahun SLI-nya itu. Dengan mempersembahkan sebuah lagu ciptaanya sebagai kado ultah. Namun akhirnya berubah menjadi bimbang karena suatu peristiwa, stay or leaving?! *Hayoo,tebak*



CICAK DI DINDING

Dua orang lelaki bersahabat, dan salah satunya memutuskan untuk menikah. Sahabatnya yang pelukis ingin mempersembahkan kado spesial bagi calon istri sahabatnya (Yang berniat jadi pelukis juga), dengan melukis di dinding studio lukisnya yang baru. Tak disangka, ternyata perempuan itu adalah cinta pada pandangan pertama si pelukis, plus juga langsung patah hati ketika sahabatnya memperkenalkan kalo perempuan itu adalah calon istrinya! Taukah lukisan apa yang dipersembahkan untuk “cinta”nya? CICAK. Ya…ratusan cicak yang hanya bisa terlihat jika lampu dimatikan. Pelukis itu berbisik

“ Kutitipkan mereka untuk menjaga kamu…mengangumi kamu"



FIRASAT

Ini termasuk cerita pilu. Ketika seorang perempuan mengagumi seorang lelaki yang ditemuinya di sebuah Klub Firasat. Pemuda itu adalah pemimpin Klub. Selama ini, si perempuan hanya sebagai pendengar, tidak pernah ikut berbagi ataupun menanggapi. Hingga pada suatu kesempatan, dia bisa lebih dekat mengenal lelaki itu. Tapi sayangnya tak lama setelah itu, lelaki itu harus pergi.

“Akhirnya, bagai sungai yang mendamba samudera. Kutahu pasti kemana ku kan ku bermuara. Semoga ada waktu. Sayangku, kupercaya alam pun berbahasa. Ada makna dibalik semua pertanda. Firasat ini…Rasa rindukah atau tanda bahaya? Aku tak peduli, k uterus berlari…”


TIDUR

2 tahun sang istri meninggalkan suami dan kedua anaknya untuk mengejar karir di negeri orang. Ketika dia memutuskan untuk kembali ke pelukan keluarganya, sebagai surprise dia tak memberitahukan perihal kedatangannya.

“ Sudah cukup lama aku tertidur, memejamkan mata demi melewatkan mimpi demi mimpi bersama kalian. Sekarang, biarkan aku yang terjaga…” begitu ujarnya, ketika mendapati suaminya tengah leap tertidur dengan kedua buah hatinya saat dia tiba dirumah. Dan dia Cuma ingin memandangnya…dalam tenang.



BACK TO HEAVENS LIGHT

Ini cerita terakhir dari dua cerita yang menggunakan Bahasa Inggris di buku ini. Menceritakan bagaimana pilunya hati seorang istri yang ditinggal pergi suaminya. Ketika detik-detik menjelang kematiannya, dia seperti merasakan dejavu. Dulu, sesaat setelah menikah sang suami pernah bermimpi. Dia bercerita, dalam mimpinya, tengah berada di lautan gelap, sendirian di seebuah kapal. Gelapnya seakan tak berujung. Ketika tiba-tiba sebuah cahaya terlihat, cahaya terindah yang yang pernah dia lihat. Diapun begerak menuju cahaya itu. Seketika dia berhenti bercerita dan menangis. Sang istri bertanya “Why are you crying? It could be the heaven’s light?” . Suaminya menjawab “It was You that I saw in the light…” :((

Dan ketika tengah menemani suaminya dalam kedaan dying di sebuah Rumah Sakit, sang suami berkata kembali “ I’m back in the dark ocean. I See no end, and I see no beginning…”

Cerita tak berhenti sampai disitu. Karena ternyata ada hubungan cinta segitiga antara perempuan itu, suaminya, dan Pria idaman Lain.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar